Archive for Desember, 2010

Tentang seseorang

Malem ini, gw di kagetin sama suara BUZZ dan PING dari hp yang gw kasih nama mojo.. pas gw liat, hp gw ampe panas bgt karena ping dan buzz yang hampir 10x. pas gw liat siapa pengirimnya, ternyata temen deket gw yg sedang sedih hatinya.

akhirnya gw buka lappy dan nyalain ym dari sana.. nama temen gw itu Nita, cewe satu2nya dari 7 bersaudara, anak terakhir dari keluarga batak asli ini lagi bimbang dalam kehidupan cinta dah reality (dah kaya judul film..) secara org tua nya mau bgt Nita puya jodoh sama2 seadat dan seagama..tapi itu semua ngga semudah ngebalikin telapak tangan.. cowo batak,, banyak… tapi apa iya seagama? cowo batak,seagama.. tapi apa iya baik? cowo batak, seagama, baik, tapi apa iya udah mapan? secara temen gw ini bokapnya terlalu idealis yg pengen hidup anaknya minimal kaya apa yg bokapnya kasih. secara bokapnya wiraswasta yg berhasil di bidangnya. dan herannya gw, abang2 nya ini, pada pinter2, sekolah dan kuliayah di luar negeri.. cuma temen gw ini yg rada ble-e.. bahasa inggris aja kalo di test masuk basic 2 lah.. hoho..

lanjut ke topik permasalahan, Nita ini lagi bingung karena dia ngga di setujuin pacaran sama cowo yg udah 4 tahun lebih di jadiin pacar sama dia. awalnya, karena tuh cowo status ekonominya di bawah keluarga Nita, padahal cowonya Nita ini (sebut aja Bari) ngga susah.. keluarga berkecukupan, tapi semenjak bokapnya Bari meninggal, mungkin keadaan ekonominya jadi menurun. terus sekarang Bari udah jadi PNS, tetep aja keluarganya Nita ngga setuju.. ampe2 dia di caci maki sama abang2nya..

*percakapan di YM*

BUZZ!!!

Gw: gmn nge?

BUZZ!!!

Nita: iyee…

Nita: Vere gw dtraktir makan2 am Bari

Nita: Ama temen_y… Sukuran kecil2an krn masuk PNS… Gituu ceeriita_y…

Nita: Paaaraah Ver… Td gw plng2 langsung dsidang am babe gw ngeee….

Nita: Laaangsung skak maatii dia ngomong_y… Ujung2_y ngebahas Bari… Tp untttung gw pinter ngomong_y… Bisaaa dgn santaai tanpa emoosii.. But gw kelihatan banget ngebela Bari. Dr cara gw ngomong…

Gw: mang ngomong gmn?

Nita: Ampe2 babe gw jeeengaa ngeee…

Gw: mang dia tau elo pergi ama Bari?

Nita: Taaau pan td Bari jemput gw masuk krmh..ddepan teras And ketemu ama emak gw…Nyokap tetep dgn mukaa pahit gitu…

Gw: gede juga nyalinya

Nita: Jd kaya_y pas gw td pergi emak and babe gw dah ngeebahas gw dr td.. Inti_y omongan gw yg tentang Bari and kel_y yg gw cerita_in am emak gw…

gw: gw rasa pada gosipi elo

Nita: Dbahas ama babe gw….

Gw: bkp loe ngmgnya gmn

Nita: Sumpaah Ver…gw tegar tanpa nangiis tanpa terbata2 gw lancar ngeee ngomong_y….

Gw: bokap loe pas elo dateng langsung nanyain gt

Gw: hebatt

Nita: Tapi ngeeeee malam ini jujur gw mohon ampun ama allah gw dah b’bohong bawa2 nama allah…

Nita: Coz gw dsuruh sumpah ngeee amaa babe…

Nita: Gini Ver…

Gw: ape?

Nita: Paas gw baru masuk babe and nyokap dah duduk druang tamu.. Babe bil “abis dr mn km?”

Nita: Gw jawab “abis krmh dedy bokap_y temen ak sakit pa?”

Nita: “Siapa yg anter km plng td?”

Nita: “Bari paa…”

Nita: “Haaruuss bil apa lg papa sama km supaya taak b’hub ama si makasar itu? (*maaf agak sedikit rasis)

Gw: dalem gila

Nita: “Ak skr memang dah ga pacaran am dia pah…” kata Nita

Nita: “Dah 4bln kurang lebih. Tetapi ak masih kom baik pa sama bari…” lanjut Nita dengan nada tenang

Nita: “Kok klo emang km dah putus knp km masih jln ama dia and masih danter am bari?” tanyak bokap nya Nita masih dgn suara keras (*secara batak bow.. suaranya keras)

Gw: pasti suarana kenceng ya nge

Nita: Gw jwb “krn temen_y Bari temen_y ak juga pah ak khan sama Bari satu kampus..jd temen qt satu gank..

Nita: Keeraas gilaa suara_y..but it’s ok gw dah tahaan..

Nita: Bokapnya Nita lanjut ngomong “knp hrs Bari yg anterin km?”

Gw : trusBUZZ!!!

Gw: terus nge..

*sempet dc*

Nita: Gw jwb “krn mang dah dl dulu ak setiap am temen2 ak sll d anter ama Bari jd khan gaa mungkin pah cuma gara2 ak dah putus ak ga boleh naik motor am dia lg…toh ak kenal Bari awal_y dr b’temen lama dl baru pacaran pah..jd hal yg wajar klo ak main ama temen kmpus pasti ketemu Bari. Toh ak baaaik2 kok….ga merugikan ak maupun pihak Bari…

Nita: Babe “apa jgn2 km dah dpelet am kel_y bari smpe2 km seperti ini ga inget waktu keluyuran terus…

Gw: akakaka

Nita: “paaah ga mungkin kel Bari melet ak!!ak tau kel Bari kuat agama_y..jd ga mungkin…

Gw: gara2 maen ma gw kali nge, elo jadi suka keluyuran

Nita: Bentar ngee tunggu gw abiz dl..kentang nih cerita_y…

Gw: ok

Nita: Babe “kok km bisa sejauh itu kenal am kel bari?

Nita : iyaa ak kenal banget pah kel_y Bari, mama_y Bari baik k ak krn dr dl pun temen2 kmpus ak sering main krmh Bari

Nita: dengan suzonnya bokapnya Nita makin marah “Apa jgn2 km punya rencana mau nikah sama bari diam2….mendadak gitu tiba2 kel_y Bari dtng ngeelamar km?”

Gw: buseng

Gw: terus

Nita: Tidak sejauh itu pah..tp mama_y Bari tau ak pacaran dah lumayan am bari..hal wajar sich pah.

Nita:”;km denger baik2 yaaa pasang kuping km lebar2 dan km rekam d OTAK km.. Mulaaai ini harii klo km dah punya rencana mau nikah sama makasar Bari maksudnya) jgn haaaraaap ampe bpk matii atau pun bpk susah ataupun km kayaaa sekaya2_y..bpk gaa akn pernah mau nyetujuin pernikahan km”

Nita:” Sayaa sudah anggap km maaatiiiii… Sayaa dah aaanggap gaaa pernah punya anak perempuan. Walaupun dr km lahiirr saya mengharapkan anak perempuan. Semuaa kbutuhan km sayaa turutin. Tp hasil_y ujung_y km nyakit_in saya and mama mu.. Saaayaa gaa teriimaaa. Mendingaan saya ga b’harap punya anak kaya km…

dalam bayangan gw, bokapnya Nita pake kaos oblong putih dan celana pendek sambil tolak piggang dan mengacung2kan tangan

Gw: astaghfirullah

Gw: dalem bgt nge

Gw: beban ya

Nita: Bentar ngee elo diem dl…

Gw: elo kelamaan ngetiknya, gw jadi gemes…

Nita: eh eh.. bentar nge, Babe gw lg ngecek kmar abng gw

Nita: nah, Abiz ntu ngecek kmar gw, Skr gw mau pura2 tidur dl bentar

Nita pura2 tidur, karena bokapnya ngecekin anaknya udah tdr apa blm..

Gw: lanjut

Gw: terus

BUZZ!!!

BUZZ!!!

Gw: terus apa *tampak tak sabar tau kelanjutan ceritanya*

Nita: Udeh aman babe skr dah masuk kamarnya??

Nita: Vere lanjut…

BUZZ!!!

Nita: Td khan gw bil elo diem dlu

Nita: Babe gw lg ngecek kamar abng gw dah tidur kga? Terus baru ngecek kmar gw gitu. Dah kebiasaan babe ngecek kmar anak_y atu2..nanti klo maain hp maki2..dsuruh tidur

Gw : udah lanjut

Gw: Laanjut nih cerita_y yaa??

BUZZ!!!

Gw : iya lanjut

Nita: Gw jwb “jujur pah ak ga mau nikah tanpa org tua ak tau dan ak pun b’harap kelak klo ak nikah ak mau minta restu dr org tua.Tuk sejauh ini blom ad kepikiran d otak ak tuk nikah lari. Ak tetep mau minta restu org tua.. Dan ak tau pah dr dulu ak sll t’cukupi krn sll dpenuhi ama mama dan bpk.. Tp ak gaa mksud mau nyaakitin perasan bpk dan mama..toh ak pun b’sikap secara baik2.

Nita: Babe “nah dr omongan mu pun skr bkp liat km sll bil mama_y bari baik am km..Kel_y Bari baaaik gaaa pelet km..taaau apa km tentang org makasar.. Jam terbang km kenal dunia luar blom luaaas Nitaaa km dengaaar itu.. Bpk banyaak temen makasar yg sifat2 rata2 begitu. Jgn sampeee ibu dan bkp_y Bari melet km..yaah mendingan km pergii jauh2 dr dia

Gw: buseng

Gw: terus

Nita: “iyaa paah ak tau ak masih anak kecil sll dmata bpk..tp bapak juga ga boleh gitu dong paaah ngeefonis org tnp kenal dahulu. Lagiaan pah asli_y bpk_y Bari memang org makasar dr org tua_y bpk_y Bari. Tetapi ortu bkp_y Bari sempet merantau kjawa dan bkpn_y Bari lahir djawa pah.. Sesudah_y dr jawa merantau kjakarta jd pah bpk_y Bari bukan makasar tok..tok.. Itu_pun mereka sekeluarga jarang2 plng kmakasar.. Dan mama_y Bari org jawa pah”

Gw: terus

Nita: “Bapak_y Bari ga mungkin pelet ak pah. Bari bkp_y dah meninggal lama pah.. Kurang lebih 2thn_an” lanjut Nita

Nita: Babe “bodo lah itu ga ad urusan ama ak. Bisa jd kel_y yg lain.” kata bokap Nita, masih dengan nada keras

Nita: “Paah kel_y Bari agamnya_y kuat pah jd ak ga percaya mereka itu pelet ak” helak Nita

Nita: Bokap “Skr bkp mau tanya dl dgn jujur sejujur_y dl sama km???? Dr td bkp ngomong sama km sll saja km mengelit2 aj.. Susah d atur dan susah dbil_in. Cape saya ngomong sama km… Skr bpk mau tanyaaa, Dah sejauh mn km b’hub am Bari? Apa km dah dtidurin Bari???? Km sudah rusak khan sama dia???

BUZZ!!!

BUZZ!!

Gw: terus

Gw: jah nih org nge BUzz-nge Buzz

Gw: gw ngmg suruh diem

Nita: Iye, lanjut

Nita:” Bari org baik2 pah.. Ak ga pernah drusak am Bari?”

Nita : Bokap ” Sumpah demi allah km ga rusak?”

Nita: Mau ga mau Ver gw sumpah ama babe salam tangan..

Gw: dalem hati loe blg.. Bari yg rusak sama aku *masih bercanda*

Nita: “Iyaa ak sumpah ak ga rusak am Bari?

Nita: Dlm hatii gw bil ak rusak bukan sama Bari. Tp ak rusak ama Bima!!!

Gw: akakak…bego lo..

Gw: lanjut

Nita: “Sudaah sana km tiiduurr puusiing kemaalaaa samaaa ngeehaadapiin km…..”

Nita: Gw tetep gaa beranjak pergii Ver dr bangku.. Krn gw ngeerassaa blom puaass ngeehadpin babe gw..

Gw: pasang muka badak

Nita: Tp gw masang muka yg tegaaar dan tegas kbabe…gw gaa mau dkasihanin ak kaya org oon…

Nita: Iyeee mukaa baadak.. boro2 dia pergii dlanjutin ngee??ceramah_y

Gw: terus

Nita: bokap ” Pokok_y klo sampee bpk liat tuch si maksar dhdpan bpk sayaa haajaaar sayaa buunuh… Jgan smpee laaah Nita bpk berbuat jahat k si makasar krn sikap keras km…Bpk bisa saja suruh abng2 km semuaa angkkut Bari dan buang ksungaaaai ataau dhajaar habis2an.. Biiaaaar maatii sekaliaan dia.. Suuunggguh bapaak dah kepikiraan jgn smpe2 ajj dia bpk liat dhadapan bpk..

Nita: “buaaaat apa sich paah pake emosii smpe gitu benci sama org.. Mang Bari salah ap sich pah?? Kok smpe bkp begitu?” tanya Nita masih dengan nada rendah

Nita: “Iyaaa klo smpee km t’nyata pacaran lagii sama dia AWAS…” seru bokapnya Nita

Nita : “Ak sudah bil pah ak dah 4bln putus am dia. Buat ap bpk mukul org tanpa salah. Toh dia bukan pacar ak. Bpk boleh tlp Bari klo bpk mau? Tnyaaa aj pah ak ini bohong atau jujur dah putus sama dia.. Jd bpk puas dgn jwb yg lebih yakin. Tanpa tau dr sebelah pihak aj. Ak malu lah pah kok anak org dpukulin hanya krn b’teman sama ak..”

Nita: “Diiiam km…’ bentak Bokapnya Nita

Nita: lanjut bokapnya Nita ” Toh tanpa papa tau pun ampe detik ini pun ak masih b’teman juga sama Idrus situmorang itu…Maau bpk hajar juga…”

Nita: “Ak messtii gmn pah??? B’teman salah pacaran pun dmaki2 sama papa” ujar Nita

Nita: “Sudaaah pintaar km ngomong_y yaa skr… Seteraaah sana km mau ap?sesuka hatii mu laaah dluaran sana” bentak Bokapnya Nita

Nita :Dia langsung banting pintu masuk kamar ngeee… Lanjut dah emak gw.. Ngomong.. gini “Khaan bukan mama doang, Bapakmu lebih ga setuju…”

Nita: “Iyaa mah ak tau… Ak hrs hdpn sndirii. Ak pikir ak bisa b’bagii sama2 t’nyata nggaaa.. Ak pikir ak bisa b’bagi sama mama t’nyata ngaaa? Sudah laaah gpp ma, ak dah biasa hadapin masalah sndiri toh tuk pendewasan ak sndirii.. Y udah yaa mah ak mau tidur…” seru Nita pelan2

Nita: Y udiin gw langsung ym_an am elo ngee…

______________TAMAT_________________

Nita: Ampe dtik ini pun gw ga nangiis Vere.. Gw puuuaas……….

Gw:  hebat looo

yah.. itu lah, cerita yg kadang ada di kehidupan sebagian orang.. maaf kalo rasis.. sebenernya, ga usah munadik kalo kita ga mikir kejelekan suku. pasti ada sebagian org yg ingin berteman dengan suku ini dan mejauhi suku ini.. anti pati..

tapi dari cerita ini gw bingung endingnya.. karena gw ngga bisa ngasih jawaban yg gw sendiri ngga tau jawabannya.. karena kurang lebih gw mengalami hal yang sama… di tentang orang tua.. karena suku dan ekonomi…